• 1/4 cangkir serutan sabun
  • 2 cangkir air
  • 1-2 sendok makan cuka putih suling atau air lemon
  • 1 sendok makan gliserin (opsional)

Sedotwcjakarta.net. Banyak orang menghabiskan waktu di atas wastafel dapur untuk menggosok dan membersihkan piring makan dan perabotan dapur lainnya. Banyak diantaranya yang mungkin tidak menyadari bahwa sabun cuci piring cair yang mereka beli dapat mengandung bahan kimia yang bisa mengganggu kesehatan seseorang. Seperti iritasi kulit tangan yang disebabkan oleh pewarna dan parfum yang mengandung bahan kimia pada sabun cuci piring cair yang di beli. Bagi orang tertentu yang sangat sensitif kulitnya bisa menjadi iritasi yang cukup besar dampaknya.
Bahan & Cara Membuat Sabun Cuci Piring

Bahan & Cara Membuat Sabun Cuci Piring

Dengan membuat sendiri sabun cuci piring cair yang terbuat dari bahan-bahan alami dapat membantu membersihkan piring kotor tanpa iritasi kulit sehingga aman bagi kulit anggota keluarga anda termasuk pada kulit bayi sekalipun.

Cara Membuat Sabun Cuci Piring Cair

Lalu, bagaimana cara membuat sabun cuci piring cair ?
Berikut telah kami rangkum tutorial cara dan proses step by step dalam membuat sabun piring cair alami :
Gambar langkah 1 hingga 3 :
Bahan & Cara Membuat Sabun Cuci Piring

Langkah 1 : Cara Membuat Sabun Cuci Piring Cair

Tuangkan air dan serutan sabun ke dalam panci dan panaskan bahan pembuat sabun cuci piring cair alami ini secara perlahan – lahan di atas api sedang.

Langkah 2 : Cara Membuat Sabun Cuci Piring Cair

Aduk campuran serutan sabun dan air yang ada dalam api tersebut dan terus memanaskannya sampai semua sabun telah dicairkan ke dalam air. Awas, jangan biarkan campuran tersebut sampai mendidih. Jika serutan sabun telah meleleh sepenuhnya, matikan api.

Langkah 3 : Cara Membuat Sabun Cuci Piring Cair

Biarkan sabun cuci piring cair tersebut mendingin, kemudian tambahkan cuka atau air lemon secukupnya dan juga gliserin jika ada. Bila perlu anda dapat menambahkan minyak esensial dalam sabun cuci piring cair tersebut agar lebih menarik.

Langkah 4 : Cara Membuat Sabun Cuci Piring Cair

Terakhir adalah memasukkan larutan sabun cuci piring cair tersebut di dalam botol. Sewaktu – waktu sabun cuci piring cair ini bisa dipergunakan.
Bahan & Cara Membuat Sabun Cuci Piring

Keterangan Bahan Membuat Sabun Cuci Piring Cair :

Serutan sabun. Anda dapat menggunakan sabun mandi padat yang beredar dipasaran atau sabun padat natural yang terbuat dari campuran berbagai minyak alami seperti minyak kelapa, minyak jarak, dan minyak lainnya. Manfaat minyak nabati ini sebagai pengganti minyak hewani yang dapat menjadi pengurai zat munyak yang bahkan lebih ampuh dari sabun cuci piring cair yang ada di pasaran. Untuk info tutorial cara membuat sabun padat silakan and abaca dalam posting Cara Membuat Sabun Mandi Padat Natural.
Cuka putih atau air lemon. Berfungsi sebagai zat pembilas kotoran yang menempel pada permukaan piring dan mencegah timbulnya bercak noda pada piring.
Gliserin. Selain sebagai bahan utama dalam membuat sabun mandi transparan, gliserin berfungsi sebagai penghilang noda yang sangat efektif serta aman bagi kulit dan dapat melembutkan kulit tangan.

Bahan dan juga cara membuat sabun cuci piring cair-nya tidak sulit bukan ? Silakan di prakrekkan sendiri di rumah. Semoga sukses …
Terima kasih telah membaca posting kami, Bahan & Cara Membuat Sabun Cuci Piring