• Penanganan & Mengatasi Limbah Sampah Dengan Reduce / Mengurangi
  • Penanganan & Mengatasi Limbah Sampah Dengan Reuse / Memakai kembali
  • Penanganan & Mengatasi Limbah Sampah Dengan Recycle / Mendaur ulang
  • Penanganan & Mengatasi Limbah Sampah Dengan Replace / Mengganti
  • Penanganan & Mengatasi Limbah Sampah Dengan Destroy / Menghancurkan

Sedotwcjakarta.net. Hidup di lingkungan yang bersih dan terbebas dari macam pencemaran adalah dambaan setiap orang namun tidak semua wilayah bersih dari berbagai polutan terutama limbah sampah. Ini semua disebabkan karena kecilnya kesadaran kita tentang kelestarian lingkungan hingga mengakibatkan sejumlah limbah dan sampah berhasil menimbun sejuta masalah dan persoalan lingkungan.
Cara Penanganan dan Mengatasi Masalah Limbah Sampah - sedot wc jakarta jabodetabek

Cara Penanganan dan Mengatasi Masalah Limbah Sampah

Untuk menyikapi ini semua, seluruh elemen masyarakat harus mampu mengatasi limbah sampah di daerahnya masing – masing dan memulai sedini mungkin untuk merancang program khusus dalam upaya penanganan – penangan masalah limbah sampah, seperti yang terurai dibawah ini :

Cara Penanganan dan Mengatasi Masalah Limbah Sampah Dengan Reduce / Mengurangi

Untuk mengatasi supaya limbah sampah yang kita hasilkan tidak terlalu banyak, kita perlu menghemat penggunaan produk yang kita pakai terlebih lagi bila produk ini menghasilkan sampah yang tidak dapat dipergunakan kembali. Karena itulah harus ada upaya untuk mengurangi jumlah barang yang kita pakai. Suatu misal pada penggunaan air bersih, pergunakan hanya untuk hal – hal yang penting dan jangan terlalu boros sebab air kotor yang merupakan limbah dari penggunaan air untuk mandi, cuci maupun lainnya bila tidak segera ditangani atau salah dalam penanganan dapat menyebabkan pencemaran dalam lingkungan kita.

Cara Penanganan dan Mengatasi Masalah Limbah Sampah Dengan Reuse / Memakai kembali

Sangat disayangkan bila barang – barang berakhir di tempat sampah atau terbuang hanya karena tidak memiliki daya guna lagi seperti bungkus mie, kotoran ternak atau botol minuman. Agar tidak menjadi sampah yang menggunung dan menimbulkan masalah di waktu mendatang ada baiknya untuk memilah diantara barang yang terbuang tersebut untuk di pakai kembali. Tidak perlu memakainya seperti fungsi sebelumnya namun bisa dipergunakan kembali untuk keperluan lain, contohnya bungkus mie dapat dimanfaatkan untuk wadah menanam tanaman, kotoran ternak dapat dijadikan pupuk kandang dan botol minuman bisa kita pergunakan sebagai wadah air minum atau minyak goreng.

Cara Penanganan dan Mengatasi Masalah Limbah Sampah Dengan Recycle / Mendaur ulang

Salah satu penanganan limbah sampah yang menjadi sorotan saat ini adalah recycle sampah yang mulanya sampah tersebut tidak bernilai guna setelah di daur ulang memiliki nilai guna dan nilai ekonimis. Contohnya seperti sampah organik bila di daur ulang kembali akan menjadi pupuk yang dapat menyuburkan tanah dan tanaman. Selain itu berbagai jenis sampah anorganik yang tidak mudah terurai oleh alam seperti plastik maupun buku dan lainnya agar bisa digunakan kembali dapat di daur ulang juga supaya nantinya bisa mengurangi jumlah sampah yang menumpuk di lingkungan kita. Lebih lengkapnya mengenai daur ulang limbah sampah bisa anda baca dalam posting Berbagai Pengolahan dan Daur Ulang Sampah.

Cara Penanganan dan Mengatasi Masalah Limbah Sampah Dengan Replace / Mengganti

Untuk menghindari penumpukan sampah, selain ketiga cara diatas kita dapat mencoba mencari alternativ lain sebagai pengganti produk tertentu yang pemakaiannya sangat singkat dan boros. Sebafai contoh, dari pada menggunakan styrofoam sebagai wadah makanan yang pada dasarnya sangat sulit terurai di alam, kita bisa menggunakan alternativ lain yaitu menggunakan wadah makanan lain yang bisa digunakan berulang kali seperti kotak makan.

Cara Penanganan dan Mengatasi Masalah Limbah Sampah Dengan Destroy / menghancurkan

Kita menyadari tidak semua sampah bisa di Reduce, Reuse, Recyle dan Replace, ada beberapa sampah semisal sampah berbahaya yang mengandung limbah B3 harus di musnahkan agar tidak berdampak buruk bagi lingkungan sekitar. Dalam penghancuran sampah yang sudah tidak dapat dimanfaatkan kembali harus ditangani secara baik dan benar. Berbagai cara seperti pembakaran, penetralisiran, hingga dikubur di tempat yang jauh dari permukiman maupun sumber daya alam penduduk wajib dilakukan supaya tercipta lingkungan bersih, sehat dan terbebas dari masalah limbah sampah.

Yang wajib diingat bahwa kita semua harus mau bertanggung jawab untuk setiap sampah yang kita hasilkan dan alangkah baiknya bila kesemuanya bisa kita daya gunakan kembali bagaimanapun caranya agar negeri ini bisa bebas dari sampah dan permasalahannya. Anda sertuju, kan ?

Semoga uraian ini dapat memberi manfaat yang berarti bagi anda
Terima kasih telah membaca posting kami tentang Cara Penanganan dan Mengatasi Masalah Limbah Sampah

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (29 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +27 (from 29 votes)

Cara Penanganan dan Mengatasi Masalah Limbah Sampah, 4.8 out of 5 based on 29 ratings