• Olahraga
  • Lingkungan
  • Kondisi Kesehatan
  • Kehamilan atau Menyusui
  • Makanan

Sedotwcjakarta.net. Berapa banyak air putih yang harus di minum setiap hari ? Ini adalah sebuah pertanyaan sederhana namun tak mudah untuk menjawabnya. Dalam beberapa penelitian telah menghasilkan berbagai rekomendasi, diantaranya hasil penelitian dari Institute of Medicine menyarankan untuk laki – laki dewasa mengkonsumsi air putih sekitar 3 liter per hari dan bagi wanita sebesar 2,2 liter per hari. Di samping itu juga ada rekomendasi lain yang menyarankan kita untuk me-minum 8 gelas air putih per hari, walau sebenarnya saran ini tidak baku dan tidak memiliki bukti yang kuat namun menjadi acuan yang popular sebab mudah diingat dan yang paling banyak di dengungkan terutama dari kalangan produsen air mineral.
Berapa Banyak Minum Air Putih Per Hari | Jasa Sedot WC Jakarta Jabodetabek

Berapa Banyak Minum Air Putih Per Hari ?

Harus kita ketahui sebenarnya kebutuhan akan air putih per hari tergantung pada banyak faktor, diantaranya :

Olahraga

Jika kita sering berolahraga atau terlibat dalam aktivitas apapun yang membuat berkeringat, kita perlu minum air putih tambahan untuk mengkompensasi hilangnya cairan tubuh. Berapa banyak cairan tambahan yang dibutuhkan tergantung pada seberapa banyak kita berkeringat selama latihan, dan bergantung pula pada jenis dan lamanya berolahraga. Selama mejalani latihan secara intens, yang terbaik untuk mengkonsumsi minuman yang mengandung natrium, karena ini akan membantu menggantikan sodium yang hilang dalam keringat dan mengurangi kemungkinan terserang hiponatremia yang dapat mengancam jiwa.

Lingkungan

Cuaca panas dan lembab dapat membuat kita berkeringat dan membutuhkan tambahan asupan cairan. Udara dalam ruangan panas juga dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembaban selama musim dingin. Ketinggian lebih dari 8.200 kaki (2.500 meter) dapat menyebabkan peningkatan urinasi dan pernafasan menjadi lebih cepat, sehingga kita membutuhkan lebih banyak air putih untuk di minum sebagai cadangan bagi tubuh kita.

Kondisi Kesehatan

Bila kita mengalami demam, muntah atau diare, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Dalam kasus ini, kita harus minum lebih banyak air putih. Dalam beberapa kasus, dokter dapat merekomendasikan solusi rehidrasi oral, seperti Gatorade, Powerade atau CeraLyte. Dan juga, mungkin tubuh akan sangat memerlukan asupan air yang lebih banyak untuk mengembangkan kondisi tertentu, termasuk infeksi kandung kemih. Di sisi lain, beberapa kondisi seperti gagal jantung dan beberapa tipe penyakit ginjal, hati atau penyakit adrenal dapat mengganggu ekskresi air dan bahkan mengharuskan kita membatasi diri untuk minum air.

Kehamilan atau Menyusui

Wanita yang sedang hamil atau menyusui membutuhkan cairan untuk tetap terhidrasi. Institute of Medicine merekomendasikan bagi wanita hamil untuk minum 2,3 liter (sekitar 10 cangkir) air putih per hari sedang untuk wanita menyusui disarankan mengkonsumsi 3,1 liter (sekitar 13 cangkir) air putih per hari.

Makanan

Kita tidak harus mengandalkan dari apa yang kita minum untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh per hari-nya. Apa yang kita makan juga memberikan porsi yang signifikan dari kebutuhan cairan tubuh. Rata-rata makanan menyediakan sekitar 20 persen dari asupan air total. Sebagai contoh, banyaklah mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, seperti semangka dan tomat, sebab 90 persen lebih mengandung air yang bagus bagi kesehatan tubuh.

Sudah jelas bahwa masing – masing orang membutuhkan asupan air yang berbeda setiap hari-nya. Untuk memudahkan anda dalam menghitung berapa banyak konsumsi air putih per hari, anda dapat menggunakan kalkulasi online yang ada dalam posting Kalkulasi Konsumsi Harian Air Putih.

Jika anda masih khawatir mengenai kebutuhan air putih yang harus dicukupi per hari-nya, sebaiknya segera cek ke dokter atau ahli diet terdekat. Mereka dapat membantu anda menentukan jumlah air yang tepat untuk anda konsumsi setiap hari.

Terima kasih telah membaca postingan kami, Berapa Banyak Minum Air Putih Per Hari ?
Semoga memberi manfaat bagi anda